Minggu, 07 Oktober 2018

Perangkat Keras dan Lunak

1. Perangkat Komputer
A. PC Desktop
PC Desktop adalah komputer personal yang digunakan untuk menjalankan aplikasi desktop (grafis) dalam keperluan sehari hari. Aplikasi yang dijalankan umumnya merupakan aplikasi yang membutuhkan kualitas grafis yang cukup tinggi. PC Desktop memiliki perangkat yang lebih lengkap dibandingkan dengan laptop atau pun Tablet PC.

Sebuah perangkat Desktop terdiri atas beberapa bagian, seperti Monitor, CPU, Printer, Mouse, Keyboard, Speaker, Dan Sebagainya. PC Desktop membutuhkan sistem operasi grafis karena aplikasi yang dijalankan umumnya menuntut antar muka grafis.

PC Desktop dilengkapi dengan Harddisk yang dapat menyimpan sistem operasi, program aplikasi, dan data. Ada juga PC Desktop yang tidak membutuhkan Harddisk yang disebut dengan Diskless Workstation. Diskless Workstation membutuhkan jaringan dengan sistem operasi UNIX atau Windows NT.

B. Notebook
Notebook adalah komputer yang berukuran sebesar catatan. Awalnya Notebook disebut laptop. Notebook umumnya mempunyai ukuran yang sama dengan kertas kuarto, yaitu 8 1/2 x 11 inci , tebal berkisar 1 - 1 1/2 inci, dan berat antara 1 - 6 kg. Komputer ini lebih hemat baterai.

C. Tablet PC
Tablet PC (tablet) adalah suatu portable komputer lengkap yang seluruhnya berupa layar sentuh datar. Ciri utama yang paling menonjol pada sebuah tablet adalah penggunaan layar sebagai peranti masukan yang menggunakan ujung jari tangan, stilus, maupun pena digital. Selain itu, ukuran tablet relatif lebih kecil jika dibandingkan dengan komputer PC maupun laptop. Selain menggunakan layar sentuh, tablet juga bisa dioperasikan dengan menggunakan keyboard dan mouse bongkar pasang seperti halnya dengan komputer biasa.

Tablet kebanyakan digunakan untuk browsing, chatting, serta mengirim dan menerima surat elektronik (email). Tablet juga bisa digunakan layaknya handphone untuk menerima dan melakukan panggilan telepon serta mengirim dan menerima SMS. Fitur lain yang biasa disematkan vendor pada tablet adalah kamera digital yang bisa digunakan untuk mengabadikan gambar maupun video.

D. Thin Client
Thin Client adalah perangkat komputer komputer kecil atau ramping/tipis dengan biaya rendah, dan dikelola secara terpusat di server tanpa CD-ROM, disket dan harddisk. Gagasannya adalah untuk membatasi kemampuan komputer pada umumnya dari aplikasi lain yang seharusnya tidak digunakan. Thin Client ini tidak rentan terhadap serangan malware bahkan pada merk tertentu tidak rentan terhadap virus, memiliki daya tahan hardware lebih lama, penggunaan daya listrik yang sangat kecil dengan harga yang lebih murah.

Thin Client disebut juga sebagai suatu perangkat dengan aplikasi perangkat lunak yang menggunakan model client-server dimana server melakukan semua proses tersebut. Thin Client dapat menjadi solusi biaya efektif untuk bisnis atau organisasi yang memerlukan beberapa komputer yang semuanya melakukan hal yang sama.

E. Bare Bone
Barebone adalah komputer setengah jadi yang terdiri atas casing, power supply, motherboard, dan sistem pendingin (cooling device). Atau juga disebut komputer personal yang dijual secara terpisah dari perangkat yang lain seperti monitor, keyboard, dan mouse. Barebone PC biasanya berupa kontak CPU yang sudah berisi motherboard, processor, RAM dan Harddisk layaknya komputer biasa.

2. Perangkat Teknologi Komunikasi
Perangkat teknologi komunikasi adalah segala alat yang berfungsi untuk memindahkan informasi dari suatu tempat ke tempat lain. Beberapa jenis perangkat komunikasi adalah sebagai berikut.

A. Telepon Kabel
Telepon adalah sebuah alat komunikasi yang digunakan untuk menyampaikan pesan suara (terutama pesan yang berbentuk percakapan). Jika kita menelusuri kabel yang terpasang pada telepon, kita akan sampai pada sebuah soket yang terhubung ke kabel telepon rumah kita. Pada kabel ini selalu terdapat tegangan listrik yang meningkat sewaktu telepon berdering. Jadi sangatlah berbahaya menyentuh bagian dalam soket.

B. Pager
Pager adalah salah satu media penerima pesan yang portable, yang terbentuk dari perkembangan teknologi komunikasi dan teknologi informasi, dan merupakan simple personal telecommunication device yang berguna untuk menerima pesan singkat.

Pager merupakan alat komunikasi yang hanya mampu menerima pesan. Pager termasuk jenis terminal tulisan, karena hanya dapat mengirim dan menerima tulisan dalam bentuk pesan singkat atau e-mail dari pengirim ke penerima.

C. Handy Talky
Peralatan Handy Talky (HT) Transceiver adalah peralatan UHF-FM Transceiver (Transmitter dan Receiver) dengan system multi channel dan digunakan sebagai sarana komunikasi point to point (darat ke darat) dalam bentuk portable.

D. Telegraf
Telegraf adalah alat komunikasi jarak jauh yang terdiri dari dua bagian yaitu pengirim dan penerima. Alat pengirim biasanya berupa saklar tekan dan alat penerimanya disebut penerima Morse, karena pengiriman informasi dengan alat ini menggunakan Sandi Morse. Alat ini ditemukan oleh warga Amerika Serikat bernama samuel F.B Morse bersama asistennya Alexander Bain.

E. Faximilie
Faximilie adalah atau Fax adalah alat yang mampu mengirimkan dokumen melalui jaringan telepon dengan hasil yang sama persis dengan aslinya. Dukungan untuk menjalankan sebuah mesin Fax adalah Group, Class, Data transmission rate dengan rekomendasi dari ITU-T. Fax memanfaatkan sambungan PSTN dan Nomor Telepon. Prinsip dasar dari Fax yaitu gabungan perangkat dari scanner gambar, modem, printer, dengan grup jaringan, dan juga mesin fotokopi.

F. Handphone
Handphone merupakan alat komunikasi yang bisa dibawa bawa untuk menghubungkan seseorang dengan yang lainnya ketika jarak jauh. Handphone sekarang menjelma menjadi perangkat yang mengintegrasikan berbagai perkakas komunikasi lainnya.

Perkembangan bahasa pemrograman WML atau Wireless Markup Language membuat ponsel yang telah web enabled dapat mengakses halaman website. WML adalah suatu bahasa pemrograman website yang berasal dari HTML namun dikembangkan untuk mendukung aplikasi WAP (Wireless Application Protocol), yaitu protocol bagi aplikasi internet pada perangkat tanpa kabel seperti ponsel atau PDA. Dengan ponsel yang memiliki kemampuan sebagai modem, kita dapat mengakses dial-up internet melalui jaringan operator telepon seluler tanpa melalui jaringan telepon lokal (PSTN). Bahkan, dengan teknologi CDMA, kita dapat mengakses internet jauh lebih cepat dan lebih murah jika dibandingkan dengan teknologi GSM.

G. PDA (Personal Digital Assistant)
PDA (Personal Digital Assistant) adalah bentuk komputer yang lebih kecil lagi. Ukurannya kira kira seperti Handphone. Karena dapat digenggam maka komputer ini digolongkan sebagai komputer genggam (handled computer) atau lebih sering disebut palmtop. Untuk dapat menulis atau mengetikkan sesuatu penggunanya harus menggunakan pena khusus. Tapi banyak juga yang dilengkapi dengan keyboard mini.

Pada dasarnya, berbagi PDA ini dibedakan berdasarkan sistem operasinya. Boleh jadi dua jenis PDA yang sangat dikenal saat ini adalah PocketPC dan Palm. Sitem operasi PocketPC dikembangkan oleh developer yang telah cukup dikenal yaitu Microsoft, sedangkan Palm dikembangkan oleh developer Palm inc. Palm memiliki aplikasi dengan ukuran kecil (sehingga dapat memuat banyak aplikasi dengan jumlah besar selain data data) juga pada umumnya memiliki standboy time yang cukup lama.

Dengan Palm OS pengguna dapat melakukan banyak tugas tugas seperti mengakses dan mengedit dokumen, menyimpan contact data sampai mengakses Internet, menarik e-mail bahkan mengirim Faksimile dengan bantuan ponsel sebagai modem dan dukungan storage yang dapat ditambah dan processor Intel Strong Arm 206Mhz. Kini Palm sanggup menjalankan berbagai aplikasi seperti Multimedia dan fungsi fungsi lainnya. Namun meskipun demikian sampai saat ini Palm belum mendukung pekerjaan Multitasking.

H. Smartphone
Smartphone (Ponsel Cerdas) adalah telepon genggam yang mempunyai kemampuan dengan penggunaan dan fungsi yang menyerupai komputer. Belum ada standar pabrik yang menentukan arti ponsel cerdas. Bagi beberapa orang, ponsel cerdas merupakan telepon yang bekerja menggunakan seluruh perangkat lunak sistem operasi yang menyediakan hubungan standar dam mendasar bagi pengembang aplikasi. Bagi yang lainnya, ponsel cerdas hanyalah merupakan sebuah telepon yang menyajikan fitur canggih seperti surel (surat elektronik), internet dan kemampuan membaca buku elektronik (e-book) atau terdapat papan ketik (baik sebagaimana jadi maupun dihubung keluar) dan penyambung VGA. Dengan kata lain, ponsel cerdas merupakan komputer kecil yang mempunyai kemampuan sebuah telepon.

Versatility atau kemampuan untuk menjalankan keanekaragaman fungsi, maka dari itu untuk memenuhi kebutuhan ini vendor perlu membuat sebuah Operating Sytem (OS). Untuk Capacity atau kapasitas penyimpanan (memory), dulu banyak handphone yang menggunakan OS Palm tapi tidak memiliki media Penyimpanan Luar sehingga walaupun bisa di isi program tapi tidak bisa di isi banyak karena keterbatasan memory.

3. Perangkat Informasi Untuk Layanan Publik
Perangkat Informasi Untuk Layanan Publik Antara Lain sebagai berikut.

A. Radio
Radio adalah alat penerima informasi berupa suara atau sinyal dengan menggunakan media elektromagnetik. Gelombang Radio adalah satu bentuk dari radiasi elektromagnetik, dan terbentuk ketika objek bermuatan listrik dimodulasi (dinaikkan frekuensinya) pada frekuensi yang terdapat dalam frekuensi gelombang radio (RF) dalam suatu spektrum elektromagnetik. Gelombang Radio ini berada pada jangkauan frekuensi 10 Hertz (Hz) sampai beberapa gigahertz (GHz), dan radiasi elektromagnetiknya bergerak dengan cara osilasi elektrik maupun magnetik. Gelombang elektromagnetik lainnya, yang memiliki frekuensi di atas gelombang radio meliputi sinar gamma, Sinar-X, Inframerah, Ultraviolet, dan Cahaya terlihat.

B. Televisi
Televisi adalah sebuah media telekomunikasi terkenal sebagai penerima siaran gambar bergerak beserta suara. Awalnya televisi tentu tidak bisa dipisahkan dari penemuan dasar hukum gelombang elektromagnetik yang ditemukan oleh Joseph Henry dan Michael Faraday (1831) yang memulai era komunikasi elektronik. Jenis televisi antara lain:

Televisi Analog
Televisi Analog mengkodekan informasi gambar dengan memvariasikan voltase dan/atau frekuensi dari sinyal.

Televisi Digital
Televisi Digital (Digital television, DTV) menggunakan modulasi digital dan kompresi untuk menyebarluaskan video, audio, dan sinyal data ke pesawat televisi.

4. Perangkat Pendukung Jaringan Komputer
Perangkat pendukung jaringan komputer antara lain sebagai berikut.

A. Repeater
Repeater pada sistem komunikasi digital adalah alat yang menerima sinyal digital dalam media elektromagnetik dan memperkuat sinyal tersebut untuk diteruskan kembali.

B. Hub
Hub adalah alat yang berfungsi sebagai tempat untuk menerima data dan meneruskannya menuju tempat yang lain. Hub berfungsi sebagai konsentrator atau pembagi agar semua client dan server dapat saling berhubungan dan terintegrasi dengan baik.

C. Switch
Switch adalah alat yang digunakan untuk menghubungkan beberapa LAN yang terpisah serta menyediakan filter paket antar LAN. Switch atau Switch Hub pada dasarnya sama fungsinya dengan hub. Switch mempunyai kemampuan mentransfer data hanya pada port yang dituju saja, berbeda dengan hub yang membroadcast data yang datang ke semua port yang dimiliki termasuk port tempat data tersebut berasal.

D. Bridge
Bridge adalah alat yang menghubungkan sebuah LAN dengan LAN yang lain dengan teknologi yang sama. untuk pengertian LAN, bisa anda baca Di Sini

E. Router
Router berfungsi untuk memutuskan pada titik manakah paket data harus diteruskan. Router dapat tersambung pada dua jaringan atau lebih dan dapat memutuskan jaringan mana yang akan menerima paket data yang diteruskan oleh Router. Router umumnya terletak pada gateway suatu jaringan.

F. Server
Server adalah suatu jaringan yang memberikan suatu layanan bagi komputer lain dalam jaringan. Layanan dari server bermacam macam, mulai dari sharing, web hingga FTP Server. Server dapat dibuat dari spesifikasi komputer yang rendah hingga yang tinggi seperti mainframe atau superkomputer.

G. Modem
Modem (modulator demodulator) adalah alat yang digunakan untuk menghantar dan menerima data dari sebuah PC ke sebuah PC yang lain melalui jaringan telepon. Pada umumnya, terdapat dua jenis modem yaitu Internal Modem (Modem yang dipasang dalam CPU) dan Eksternal Modem (Modem yang dipasang di luar CPU).

Modem berfungsi sebagai antar muka yang menghubungkan antara internet ke jaringan internet melalui line telephon (dial up atau akses lain)

H. Network Interface Card (NIC)
Network Interface Card (NIC) adalah sebuah komputer circuit board atau kartu yang terpasang pada sebuah komputer sehingga komputer tersebut mampu terkoneksi pada jaringan. NIC menyediakan antar muka ke media. NIC dapat menggunakan transceiver eksternal atau melalui transceiver internal terintegrasi yang dipasang pada Network Interface Card PCB.

I. Kabel Jaringan dan Konektor
kabel merupakan media transmisi yang paling banyak dan umum kita jumpai dalam setiap jaringan network yang dibangun. Jenis kabel yang dapat digunakan sebagai media transmisi jaringan antara lain kabel TP (Twisted Pair), Kabel Coaxial, dan Kabel Fiber Optic.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages