Minggu, 07 Oktober 2018

observasi

1.isp itu ap?
jawab : Pengertian ISP adalah penyedia layanan yang memberikan akses ke media informasi dan komunikasi berbasis online.
2.dns itu apa?
jawab :(Domain Name System; DNS) adalah sebuah sistem yang menyimpan informasi tentang nama host ataupun nama domain dalam bentuk basis data tersebar (distributed database) di dalam jaringan komputer.
3.protocol itu apa?
jawab : Protokol adalah sebuah aturan atau standar yang mengatur atau mengijinkan terjadinya hubungan, komunikasi, dan perpindahan data antara dua atau lebih titik komputer.
4.fungsi isp?
Jawab : fungsi : Menyediakan layanan jaringan internet bagi para penggunanya sehingga bisa terhubung ke dalam jaringan internet.
5.fungsi network?
jawab : berguna untuk mengintegrasikan sistem informasi dan menyalurkan arus informasi dari suatu tempat ke tempat yang lain.
6.fungsi dns?
Jawab :  Fungsi dari DNS sendiri adalah memudahkan pengguna untuk menghafal dan mengakses alamat web server tertentu.
7. Jawab nomer 1, jawaban aditya bener apa tidak! Alasannya apa?
jawab :Tidak, karena Pengertian ISP(Internet Service Provider) adalah penyedia layanan yang memberikan akses ke media informasi dan komunikasi berbasis online.
 8. Jawab nomer 2, jawaban aditya bener apa tidak! Alasannya apa?
jawab : Tidak, karena (Domain Name System; DNS) adalah sebuah sistem yang menyimpan informasi tentang nama host ataupun nama domain dalam bentuk basis data tersebar (distributed database) di dalam jaringan komputer.
9. Apa yang dimaksud Profider?
jawab : Provider adalah penyedia ataupun pemberi layanan.
10. jawaban nomer 3 aditya bener apa tidak ! alasannya ? 
jawab : tidak, karena Provider adalah penyedia ataupun pemberi layanan.
11. lapisan jaringan itu apa ?
jawab : Lapisan jaringan(network layer) : lapisan yang membantu mendefinisikan alamat IP atau internet protocol, sehingga tiap komputer  dapat terhubung dengan satu jaringan 
 12. jawab nomer 4 yusfi bener atau tidak ! alasannya apa ? 
jawab : benar, atau Menyediakan layanan jaringan internet bagi para penggunanya sehingga bisa terhubung ke dalam jaringan internet.
13. komputer client adalah
Jawab: Komputer Client adalah komputer yang meminta(request)/menerima satu layanan tertentu ke suatu server.
14. gateway adalah
jawab : gateway adalah sebuah jaringan komputer yang mempunyai min 2 buah network interface utk menghubungkan 2 buah jaringan/lebih.
15. jawab no 6 dari yusfi
jawab : salah karena  Fungsi dari DNS sendiri adalah memudahkan pengguna untuk menghafal dan mengakses alamat web server tertentu.
16. jawaban dari yuni no 15 ,benar atau salah!
jawab : salah, Fungsi dari DNS sendiri adalah memudahkan pengguna untuk menghafal dan mengakses alamat web server tertentu.
17. jawaban dari no.9 provider
Jawab: Provider adalah penyedia ataupun pemberi layanan.
18. yang dimaksut lapisan jaringan, pertanyaan no.11
Jawab: Lapisan jaringan(network layer) : lapisan yang membantu mendefinisikan alamat IP atau internet protocol, sehingga tiap komputer  dapat terhubung dengan satu jaringan 
19. jawaban dari nomer 10
jawab : tidak, karena Protokol adalah sebuah aturan atau standar yang mengatur atau mengijinkan terjadinya hubungan, komunikasi, dan perpindahan data antara dua atau lebih titik komputer.
20. apa yang dimaksud interface?
jawab : Antarmuka (Interface) merupakan mekanisme komunikasi antara pengguna (user) dengan sistem.  
21. apa yang dimaksud ip address?
jawab : IP Address adalah deretan angka biner antara 32 bit sampai 128 bit yang dipakai sebagai alamat identifikasi untuk tiap komputer host dalam jaringan internet.
22. yang dimaksud firewall ?
jawab: Firewall adalah sistem keamanan jaringan komputer yang digunakan untuk melindungi komputer dari beberapa jenis serangan dari komputer luar.
23. yang dimaksud routes?
Jawab: Router adalah rute/jalur untuk memfilter informasi pada jaringan yang berbeda.
24. yang dimaksud access point?
Jawab : Access point merupakan sebuah perangkat dalam jaringan komputer yang dapat menciptakan jaringan lokal nirkabel atau WLAN (Wireless Local Area Network). 
25.fungsi penamaan interface?
jawab :fungsi penamaan interface: agar pengguna lebih mudah dalam menentukan di interface mana kabel akan dipasang.
26.apa yang dimaksud router?
jawab : Router adalah rute/jalur untuk memfilter informasi pada jaringan yang berbeda.
27.apa fungsi nat pada router?
jawab : NAT (Network Address Translation) pada jaringan komputer berfungsi sebagai translasi alamat IP public ke alamat IP private atau sebaliknya sehingga dengan adanya NAT ini setiap komputer pada jaringan LAN dapat mengakses internet dengan mudah.
28. Pengertian IP public
jawab : IP Public adalah alamat ip yang ditujukan pada ISP , dengan kepala yang sama dan ekor yang berbeda.
29. IP local adalah
jawab :IP Local : pemberian ip yang digunakan sebagai identifikasi komputer pada jaringan tertutup yang bersifat pribadi.
30. yang dimaksud dengan ip dynamis
Jawab:  IP dinamis yaitu IP yang didapatkan oleh computer/router lain dari sistem DHCP nya, IP yang didapatkan oleh PC ini bisa berubah-ubah.
31.yang dimaksud dhcp client?
Jawab: DHCP Client adalah Pengaturan protocol (ip address) dilakukan di client, apakah mode static atau dynamic, dhcp client meminta server untuk memberikan ip, sebelum client mendapatkan ip dynamic, client terlebih dahulu merequest ke server yang ada pada jaringan tersebut, dan server melakukan pemeriksaan terhadap client yang meminta ip dynamic, jika sesuai dan diperbolehkan maka server baru mengirimkan ip ke client.
32.yang dimaksud dhcp server?
jawab : DHCP server : configurasi protocol (IP address) disediakan oleh server untuk diberikan ke client yang meminta / request ip.
33.yang dimaksud netmask?
jawab : Netmask adalah teknologi Informasi  untuk membedakan Network ID dengan Host ID dan menentukan alamat tujuan paket data apakah local atau remote.
34.jenis jenis jaringan
jawab : LAN,PAN,WAN,MAN
35. peer to peer adalah
jawab : Peer to peer adalah jaringan komputer yang menghubungkan komputer satu ke satu.
36.jaringan client server adalah
jawab : client server adalah  suatu bentuk arsitektur, dimanaclient adalah perangkat yang menerima yang akan menampilkan dan menjalankan aplikasi (software komputer) dan server adalah perangkat yang menyediakan dan bertindak sebagai pengelola aplikasi, data, dan keamanannya.
37.pengertian dari web server?
jawab : Web server adalah sebuah software yang memberikan layanan berbasis data dan berfungsi menerima permintaan dari HTTP atau HTTPS pada klien yang dikenal dan biasanya kita kenal dengan nama web browser (Mozilla Firefox, Google Chrome) dan untuk mengirimkan kembali yang hasilnya dalam bentuk beberapa halaman web dan pada umumnya akan berbentuk dokumen HTML.
38. apa yang dimaksud fiber optik
jawab : Fiber Optic adalah sebuah teknologi kabel yang menggunakan benang (serat) atau (plastik) mengirimkan data.
39.apa yang di maksud modem
jawab : Modem merupakan singkatan dari Modulator Demodulator. Dimana kedua kata ini memililiki arti yaitu Modulator merupakan bagian yang berfungsi untuk mengubah sinyal informasi menjadi sinyal pembawa yang siap dikirimkan, sedangkan arti dari Demodulator merupakan bagian untuk memisahkan antara sinyal informasi dari sinyal pembawa yang diterima dengan baik. Dengan kata lain, modem adalah jenis alat komunikasi dua arah.
40. fungsi dari nic
jawab : fungsi dari NIC adalah menghubungkan komputer-komputer pada suatu LAN dan mengijinkan semua komputer tersebut dapat saling berkomunikasi.
41. fungsi dari antena omni
jawab : memperluas area coverage, bukan untuk memperkuat sinyal, fungsi penguat sinyal adalah pada radio atau access point, jadi antena wifi hanya mempunyai kekuatan penguat pasif, kekuatan antena adalah pada pemfokusan gelombang radio, dan semakin besar dBi dari antenna maka semakin luas atau jauh area coverage yang bisa dijangkau.
42. fungsi dari antena sectoral
jawab : fungsi antena sectoral di gunakan untuk access point to serve a point-to-multi-point (P2MP) links.dapat menampung hingga 5 client.beberapa antena sectoral di buat tegak lurus dan ada juga yang horizontal.
43.perbedaan omni dan sektoral
jawab : perbedaan antena omni dan sectoral : Antena Omni adalah antena jenis antena yg menerima dan memancarkan gelombang elektro magnetik dg sudut pancar 360derajat tegak lurus ke atas. Antena ini juga disebut antena Monidirectional. Benda ini memancarkan dan menerima gelombang elektronik dg area cakupan yg melebar. karena itu benda ini cocok dipergunakan untuk menerima dan memancarkan gelombang elektromagnetik pada area hotspot. sedangkan
Antena Sectoral adalah Antena yang mempunyai gain jauh lebih tinggi dibanding omnidirectional antena di sekitar 10-19 dBi. Yang bekerja pada jarak atau area 6-8 km. Sudut pancaran antenna ini adalah 45-180 derajat dan tingkat ketinggian pemasangannya harus diperhatikan agar tidak terdapat kerugian dalam penangkapan sinyal.Pola pancaran yang horisontal kebanyakan memancar ke arah mana antenna ini di arahkan sesuai dengan jangkauan dari derajat pancarannya, sedangkan pada bagian belakang antenna tidak memiliki sinyal pancaran.
44.perbedaan dari swicth dan hub
jawab : perbedaan switch dan hub : Switch ialah sebuah perangkat keras yang memungkinkan terjadinya distribusi packet dataantar komputer dalam jaringan dan mampu untuk mengenali topologi jaringan di banyak layersehingga packet data dapat langsung sampai ke tujuan. Sedangkan
Hub ialah perangkat jaringan yang sederhana. Hub tidak mengatur alur jalannya data di jaringan, jadi setiap packet data yang melewati Hub akan dikirim (broadcast) ke semua port yang ada hingga packet data tersebut sampai ke tujuan. Hal tersebut dapat membuat hub menjadi collisions dan memperlambat jaringan. (Hub juga sering dikenal dengan nama repeater)

45.jelaskan tugas administrator
·         jawab : Sebagai petugas yang memastikan keamanan jaringan (security)
·         Sebagai pengatur pengguna
·         Sebagai pengatur cadangan data
·         Sebagai penangana masalah atau troubleshooting
·         Sebagai pemutakhiran atau peng-update

46.prinsip-prinsip keamanan jaringan
jawab : Confidentiality ,Integrity ,Availability,Authentication,Non Repudiation 
47.ip conflic ?
jawab : Ipconfig adalah tool pada Command prompt yang digunakan untuk melihat informasi jaringan atau informasi IP yang terpasang di Network adapter, fungsi lain dari perintah ipconfig untuk menset ulang jaringan, terutama yang menggunakan jaringan dengan DHCP
48. fungsi ifconfig ?
jawab : digunakan untuk melihat informasi jaringan atau informasi IP yang terpasang di Network adapter, fungsi lain dari perintah ipconfig untuk menset ulang jaringan, terutama yang menggunakan jaringan dengan DHCP.
49.cara cek jaringan
jawab as'at : masuk ke google dan coba jaringan berfungsi atau tidak
50.apa yang harus dilakukan apabila jaringan undetiefield
jawab : silahkan disconnect dahulu,control panel,terus pilih network dan internet
51.yang dimaksud request time out
jawab : Request Time Out adalah ketika Komputer server tidak merespon permintaan koneksi dari client setelah beberapa lama (jangka waktu timeout bervariasi). Biasanya terjadi karena adanya firewall, koneksi rendah dan koneksi terputus atau tidak terkoneksi.
52. jelaskan fungsi perintah Ping !
jawab : untuk mengecek konektivitas antar satu komputer dengan lainnya, Hal ini dilakukan dengan mengirim sebuah pesan Internet Control Message Protocol (ICMP) kepada IP Address yang hendak diujicoba konektivitasnya dan menunggu respon darinya.
53. jelaskan yang dimaksud Repeater !
jawab : repeater adalah alat yang berguna untuk menguatkan signal.
54. jelaskan Ap Client !
jawab : Mode AP Client merupakan mode AP yang dijadikan client dari AP utama. Jadi AP utama akan memiliki hubungan dengan AP client secara langsung, karena perannnya sebagai AP Client maka tidak ada host yang bisa melakukan koneksi langsung ke AP client sehingga hanya port-port LAN saja yang bisa bekerja.
55. apa yang dimaksud dengan ip poll ?
jawab : ip Pool adalah salah satu fitur dari mikrotik untuk menentukan range (rentang)ip yang bisa digunakan untuk DHCP Server maupun point to point.
56. yang dimaksud profil server ?
jawab :  Profil Server adalah bagian dari arsitektur IoP yang lebih luas. Secara konseptual, ia menyediakan dua layanan penting berikut untuk Aplikasi Orang ke Orang
57. yang dimaksud user profil ?
jawab : Profil pengguna (user profile) adalah tampilan visual data pribadi yang terkait dengan pengguna tertentu, atau lingkungan desktop yang disesuaikan.
58.jelaskan setting nama inerface
jawab : masuk mikrotik,lalu new terminal kemudian ketikan "interface ethernet set ether1 name=......" dst. Untuk mengeceknya gunakan “interface pr”
59.setting ip addres dengan nama publik di ether 1
jawab : caranya bisa saja ketikan di new terminal "ip address add address=192.168.x.x interface=public. Untuk mengecek gunakan “ip address pr”
60.setting ip route
jawab : caranya ketik di new terminal "ip route add gateway=192.168.x.x" setelah selesai menentukan ip address. Untuk mengeceknya gunakan “ip route pr”
61.jawab nomer 47 bener apa salah alasannya apa?
jawab : salah, karena Ipconfig adalah tool pada Command prompt yang digunakan untuk melihat informasi jaringan atau informasi IP yang terpasang di Network adapter, fungsi lain dari perintah ipconfig untuk menset ulang jaringan, terutama yang menggunakan jaringan dengan DHCP.
62.jawab nomer 48 benar apa salah alasannya ap?
Jawab: salah, karena digunakan untuk melihat informasi jaringan atau informasi IP yang terpasang di Network adapter, fungsi lain dari perintah ipconfig untuk menset ulang jaringan, terutama yang menggunakan jaringan dengan DHCP.
63.perbedaan ifconfig dengan ifconfig all.
jawab : ipconfig adalah tool pada Command prompt yang digunakan untuk melihat informasi jaringan atau informasi IP yang terpasang di Network adapter, fungsi lain dari perintah ipconfig untuk menset ulang jaringan, terutama yang menggunakan jaringan dengan DHCP. Sedangkan
ipconfig /all, untuk menampilkan informasi detail tentang konfigurasi jaringan, termasuk Info DHCP server dan mac Address.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages